Kamis, 12 Oktober 2017

Panduan Beli Rumah Bekas di Bandung dengan Harga Bersahabat



 
foto hanya ilustrasi
Kebutuhan tempat tinggal bisa direalisasikan dengan beragam cara. Tak harus rumah baru, Anda bisa membeli rumah bekas atau second, sebagai tempat tinggal. Banyak rumah di Bandung yang merupakan rumah bekas, namun masih layak huni. Harga rumah di Bandung lebih murah untuk kategori rumah bekas. Hal ini bisa menjadi alternatif pilihan. Panduan ini bisa Anda terapkan untuk memperoleh rumah dengan harga bersahabat.

1.                  Mencari Informasi Rumah Bekas
Saat memutuskan untuk membeli rumah bekas, tentu harus ada pertimbangan yang mendasar dalam setiap hal. Mencari informasi terkait dengan lokasi rumah, kualitas bangunan, hingga harga jual merupakan daftar informasi yang harus dicari untuk memperoleh rumah bekas yang baik dengan tingkat harga terjangkau. Kelengkapan informasi harus diutamakan agar data-data yang diperoleh benar-benar detail.
Informasi mengenai rumah bekas tersebut dapat membantu Anda untuk memilih rumah paling sesuai. Usahakan informasi rumah bekas tersebut terpercaya. Anda bisa memperolehnya secara langsung dengan survei ke lokasi. Selain itu, perolehan informasi melalui perantara atau makelar juga dapat menjadi alternatif lain.

2.                  Membeli Rumah Tanpa Perantara
Proses jual beli rumah bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan perantara ataupun tidak. Proses jual beli tanpa melalui perantara akan menghasilkan harga rumah bekas lebih murah. Anda bisa melakukan transaksi jual beli rumah secara langsung dengan pemiliknya. Hal ini menjadi alternatif pilihan
Selain memperoleh harga rumah di Bandung yang lebih murah atau lebih terjangkau, jual beli tanpa perantara akan mempermudah proses transaksi. Pertemuan antara penjual dan pembeli bisa lebih efektif dilakukan dengan melibatkan pihak notaris apabila sudah tercapai kesepakatan. Selanjutnya, proses jual beli rumah di Bandung akan lebih cepat, sehingga tercapai efektivitas dari segi waktu.

3.                  Memilih Rumah dengan Usia Lebih Tua
Rumah bekas mempunyai usia yang beragam, di mana sejak masa siap huni hingga dijual, mempunyai rentang waktu yang berbeda-beda. Usia rumah merupakan faktor penentu harga rumah. Rumah dengan rentang usia cukup lama akan mempunyai harga jual lebih murah dibandingkan dengan rumah bekas yang belum lama dibangun. Akan tetapi, berbeda dengan rumah tua dengan desain klasik, justru harganya lebih mahal.
Terkait dengan hal tersebut, Anda perlu mendata harga rumah bekas dengan usia sedang, tidak terlalu tua ataupun baru saja dibangun. Pilihlah rumah tua yang layak huni, namun punya harga lebih terjangkau. Setelah mendapatkan daftar harga beberapa rumah yang usianya cukup tua, bandingkan setiap harga tersebut dengan harga pasar. Usahakan harga yang ditawarkan sesuai atau lebih murah dari harga pasar.

4.                  Memilih Rumah Semi Permanen
Banyak jenis rumah yang ditawarkan. Dari segi pembangunannya, ada dua jenis rumah bekas yang tersedia di Bandung. Rumah bekas di kawasan perkotaan ini terdiri atas rumah permanen dan semi permanen. Rumah permanen adalah tipe rumah bekas yang harga jualnya lebih bersahabat. Anda bisa memilih tipe rumah semi permanen apabila ingin mengeluarkan biaya lebih sedikit.
Rumah semi permanen ini tentu sudah layak huni, sehingga Anda tak perlu khawatir dengan proses pembangunan yang belum selesai. Hanya saja, apabila ingin lebih nyaman, Anda harus rela melengkapi desain interior atau eksterior rumah semi permanen tersebut, sehingga utuh menjadi rumah permanen.

5.                  Membandingkan Harga Rumah
Panduan terakhir dalam memperoleh rumah bekas yang lebih terjangkau adalah membandingkan harga jual rumah. Di Bandung, rumah bekas tersedia dengan beragam penawaran harga. Anda dapat membuat daftar harga dari beberapa rumah bekas yang diminati. Setelah daftarnya selesai dibuat, segeralah untuk melakukan perbandingan harga jual antara rumah satu dengan rumah lainnya.
Perbandingan harga ini harus dilakukan dengan cermat agar benar-benar bisa menganalisa dengan baik dan benar. Pertama, carilah harga-harga rumah yang sesuai dengan kondisi rumah. Apabila belum sesuai, maka janganlah dimasukkan dalam perbandingan harga. Kedua, pilihlah harga rumah dengan kondisi rumah yang paling sesuai. Setelah mendapatkannya, Anda dapat mengambil keputusan pembelian.
Beberapa cara tersebut bisa diterapkan untuk memperoleh rumah bekas dengan harga bersahabat. Meskipun demikian, perlu diingat untuk tidak hanya mempertimbangkan masalah harga. Anda juga harus memperhatikan kualitas bangunan rumah bekas tersebut. Usahakan masih layak huni dan tidak ada kerusakan yang dapat membahayakan Anda sekeluarga. Kemampuan bernegosiasi juga bisa menjadi nilai plus untuk Anda dalam hunting hunian.

Anda sebenarnya bisa menerapkan cara di atas untuk membeli rumah bekas di mana saja. Namun, sebaiknya Anda memilih kota-kota besar yang potensial untuk bisnis seperti Bandung. Selain itu, harga rumah di Bandung di kategori rumah bekas tergolong murah dan bisa jadi alternatif pilihan untuk solusi kebutuhan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar