Minggu, 16 Juli 2017

Beli Rumah Pertama? Ini Keuntungan Memilih Rumah Baru Dibandingkan Rumah Bekas





Kira – kira, mana yang akan kamu pilih saat pertama kali membeli rumah ? sebuah rumah baru dengan lingkungan klaster yang modern dan teknologi super canggih, atau rumah bekas dengan lingkungan yang sudah terbentuk ? tidak sedikit dari kamu yang cukup bingung saat memutuskan hal ini. Sebenarnya hal ini berkaitan dengan apa yang kamu butuhkan di rumah nanti dan gaya hidup serta kemampuan finansialmu.

Bagi kamu dengan kondisi finansial terbatas mungkin akan cari rumah bekas yang memerlukan sedikit perbaikan, namun bila kondisi finansialmu sangat baik, kamu tentu mengutamakan untuk memilih rumah baru dengan kondisi terkini. Ada cukup banyak pertimbangan yang bisa membantumu untuk memilih cari rumah bau atau rumah bekas.

Namun bila mengingat perkembangan dunia finansial yang semakin membaik belakangn ini mungkin sebagian besar dari kamu akan lebih mengutamakan untuk membeli rumah baru yang siap untuk dihuni. Terlebih lagi bila kamu ingin tinggal di pusat kota dan di lokasi yang strategis. Tahukah kamu bila masih banyak lagi keuntungan yang kamu dapatkan ketika memilih untuk cari rumah baru ? berikut beberapa diantaranya.

Lokasi strategis dan fasilitas lengkap
Rumah baru cenderung berada di perumahan yang terletak di pusat kota atau di kawasan berkembang yang sangat mudah untuk diakses. Pengembang dan developer tidak mungkin sembarangan menentukan lokasi pembangunan. Umumnya mereka akan memilih lokasi yang dekat dengan perkantoran, sekolah dan berada cukup dekat dengan pusat kota. Selain itu fasilitas yang diberikan akan cukup lengkap. Apapun yang kamu butuhkan akan langsung tersedia tanpa harus keluar dari perumahan. Beberapa perumahan di kota – kota besar sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni mulai dari pusat perbelanjaan, kafe dan restoran, taman bermain, jogging track, hingga pusat kebugaran dan fasilitas lainnya. Dengan adanya hal – hal tersebut kamu tidak perlu lagi khawatir akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhanmu setiap hari.

Fleksibilitas ruang dan pemasangan kabel
Biasanya untuk perumahan baru sudah dilengkapi dengan instalasi pemasangan kabel bawah tanah yang akan membuat linghkungan rumah menjadi lebih rapid an teratur. Berbeda dengan rumah lama atau rumah bekas, sebagian besar masih melakukan instalasi kabel di luar. Begitupun dengan penataan ruangan dan desain bangunan. Rumah baru tentunya akan memiliki daya dan bentuk terbaru dengan desain yang lebih menarik. Selain itu kamu bisa melakukan perubahan desain hingga jaminan perbaikan rumah hingga selesai ketika membeli rumah baru.

Energi ramah lingkungan
Bila kamu termasuk orang yang sangat peduli akan gerakan ramah lingkungan dengan menerapkan kebiasaan hemat listrik hingga kebersihan lingkungan, maka rumah baru merupakan pilihan yang sangat tepat. Biasanya para pengembang atau developer akan memberikan material yang sangat ramah lingkungan seperti baja ringan, batu bata atau fabrikasi batu bata, frame jendela alumunium hingga warna cat yang cerah untuk memantulkan sinar matahari. Selain itu kini rumah baru cenderung dibangun dengan mengusung tema green living  yang memiliki ragam instalasi eco green. Mulai dari smrthome, filtrasi udara, penampungan air hujan hingga reverse osmosis yang dapat menyaring air.

Hal ini sangat berbeda dengan rumah bekas atau seken, sangat memungkinkan bila rumah tersebut telah berdiri sejak 10 tahun yang lalu. Dengan spesifikasi bangunan yang sudah lama dan jauh berbeda.

Biaya penggantian
Rumah di perumahan baru dilengkapi dengan material dan bahan bangunan yang serba baru mulai dari jendela atap hingga pintu dan lainnya. untuk perabotan yang lain kamu akan mendapatkn barang dengan kualitas sangat baik dengan garansi hingga 10 tahun, namun bila kamu membeli rumah bekas atau seken , tentu material bangunan sudah cukup  berumur dan membutuhkan pergantian dalam jangka waktu yang tidak lama lagi. Dalam hal ini mungkin saja kamu akan membutuhkan budget yang cukup besar untuk memperbaiki rumah bekas tersebut.

Perhitungan jangka panjang
Bila kebetulan kamu membeli rumah dengan menggunakan sistem KPR ( Kredit Pemilikan Rumah), jangnlupa untuk membayar cicilan rumah dalam waktu yang lebih panjang bisa sampai 25 tahun.

Bila kamu cari rumah dengan niat untuk investasi sebaiknya pilih rumah baru dibandingkan dengan rumah bekas. Meskipun nilai jualnya yang tidak ringan, namun kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Tetapkan dan mantapkan niat serta tujuanmu untuk membeli rumah. Pastikan rumah yang kamu pilih menjadi asset yang menguntungkan dan sangat berguna untuk kehidupanmu sekarang ataupun di masa depan nanti.

Semoga ulasan informasi diatas dapat memberikan gambaran yang cukup akurat dan jelas akan apa saja keuntungan yang akan kamudapatkan ketika membeli rumah baru. Pastikan membeli rumah yang sesuai dengan kondisi finansial dan kebutuhan serta keinginanmu, maksimalkan kemampuanmu. Selamat cari rumah.

0 komentar:

Posting Komentar